August 16, 2022

Rembang TV

TV nya Orang Rembang

Cengkeh di Desa Rakitan Kecamatan Sluke Rembang, Tengara Lasem Jalur Rempah?

rembangtv.com- Cengkeh merupakan salah satu tanaman rempah yang cukup terkenal di Nusantara pada jaman dulu. Setidaknya cengkeh dan pala menjadi tanaman primadona para penjelajah samudra untuk melakukan perdagangan hingga terjadinya kolonialisme dan imperialisme. Nah ternyata Cengkeh tumbuh subur di Desa Rakitan Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang.

Pohon cengkeh berhasil diliput oleh reporter Rembang TV pada Minggu (31/07/2022) lalu di pategalan milik warga di Desa Rakitan Sluke. Ratusan pohon cengkeh yang telah mengalami masa panen terlihat hijau dan subur. Terlihat beberapa kuncup cengkeh muda yang berwarna merah muda yang merona.

Jika cengkeh menjadi tanaman yang sudah turun temurun dilestarikan oleh masyarakat Desa Rakitan selama ratusan bahkan ribuan tahun, maka sudah barang tentu menjadi salah satu bukti sejarah tentang adanya jalur rempah di wilayah Lasem jaman dahulu. Ternyata Lasem juga bukan hanya terkenal dengan kayu jati, beras, ikan asin ataupun garam, namun juga ada cengkeh Lasem yang menjadi salah satu primadona perdagangan rempah jaman dahulu.

Bukti arkeologis yang lain juga menjadi pelengkap keberadaan Cengkeh Lasem, yakni Situs Plawangan, Situs Terjan, Situs Kerangka Manusia Penutur Bahasa Austronesia, Perahu Kuno Punjulharjo, dll.

Penulis : Achmad Sholeh Syarifuddin (Wakil Direktur RembangTV)