September 21, 2021

Rembang TV

TV nya Orang Rembang

Suharlin Kades Warugunung Yang Meneruskan Sang Kakek

Suharlin mantan Kepala Desa Warugunung menceritakan Desanya dari berbagai sisi (dok.rembangtv 2021)

rembangtv.com-Suharlin (50 Tahun) merupakan Kepala Desa Warugunung pada masa periode 2002-2013. Beliau merupakan cucu dari Kepala Desa Warugunung pada masa Belanda, Penjajahan Jepang dan Kemerdekaan yakni Abullah Sajad atau Mbah Basiron yang asli kelahiran Desa Warugunung. Ada ungkapan yang menarik dari Suharlin saat ia menjabat sebagai Kepala Desa ialah “Gunung Iku Pakune Bumi” mungkin ini ajaran turun temurun leluhur Suharlin dalam merangkul alam sebagai sumber penghidupan yang tidak boleh rusak.

Suharlin menceritakan bahwa dulu KH. Maemoen Zubair pernah menanam pohon randu di Desa Warugunung bersama kepala Desa Warugunung periode 1965-1986 pada saat itu yakni Mbah Abdul Syakur. Beliau juga menceritakan riwayat Kepala Desa Warugunung dari masa ke masa.

Kepala Desa Warugunung pada masa Belanda, Penjajahan Jepang dan Kemerdekaan yakni Abullah Sajad atau Mbah Basiron merupakan Kepala Desa Warugunung pada tahun 1938-1950. Lima puluh dua tahun kemudian atau tepatnya tahun 2002, sang cucu yang bernama Suharlin maju sebagai Calon Kepala Desa Warugunung dan akhirnya sukses memenangkan Pilkades sampai memimpin Desa Warugunung dua periode jabatan sampai tahun 2013. Berikut adalah kisah Suharlin sebagai Kepala Desa Warugunung.

Menjadi seorang Kepala Desa tentu memiliki tanggungjawab dan tantangan yang besar. Tak khayal jabatan ini kerap mendapatkan godaan dari beberapa pihak. Namun Suharlin, yang pernah menjadi Kepala Desa Warugunung 2002-2013 tidak mempan untuk digoda. Ia bersama masyarakat tetap berdiri tegap mempertahankan Gunung Bugel dari serangan tambang. Ini kisahnya.

Suharlin berkeyakinan dengan potensi yang melimpah, Desa Warugunung Kec. Pancur bisa mengembangkan diri menjadi Desa Wisata, dengan pemuda sebagai penggerak yang akan menjadi lokomotif kemajuan desa. Beragam Potensi alam seperti sawah, gunung, dan potensi budaya seperti banyaknya peninggalan bersejarah berupa makam, situs-situs, beragam kerajian masyarakat dan produk unggulanya, Suharlin berkeyakinan ke depan Desa Warugunung akan menjadi desa yang maju dengan berlandaskan potensi yang dimiliki bersama masyarakat yang siap dan mantab.

Berikut pesan Suharlin kepada para pemuda Desa Warugunung.