September 21, 2021

Rembang TV

TV nya Orang Rembang

Desa Pondokrejo Bulu Rembang Masih Lestarikan Rumah Joglo

desa pondokrejo
Tampak rumah-rumah penduduk Desa Pondokrejo Bulu Rembang masih melestarikan langgam joglo jawa (dok. rembangtv 2020)

rembangtv.com- Permukiman tradisional yang ada di Desa Pondokrejo merupakan lingkungan permukiman yang masih melestarikan rumah tinggal berbentuk Joglo. Letak permukiman joglo ini terletak di Desa Pondokrejo, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.

Secara aksesbilitas lokasi permukiman ini memang tidak berada di jalur jalan pantura atau jalan daendels, tapi cukup mudah untuk diakses dari Rembang kota menuju ke selatan yakni Kecamatan Sulang kemudian ambil jalan menuju Kecamatan Sumber, sekitar kurang lebih 10 Kilometer akan menemui Desa Pondokrejo, Kecamatan Bulu. Atau bisa melalui Kecamatan Kaliori ke selatan menuju arah Kecamatan Sumber, kemudian dari pusat Kecamatan Sumber ambil arah ke Sulang, setelah kurang lebih 7 kilometer di kiri jalan di antara jalan Sumber dan Sulang bisa juga tiba di Desa Pondokrejo.

Gapura Desa Pondokrejo ada pinggir jalan raya Sulang-Sumber. Pengunjung akan disambut oleh Balai Desa Pondokrejo yang berlanggam joglo yang seluruhnya dari kayu jati. Kemudian masuk menuju perkampungan, hampir keseluruhan rumah penduduk menggunakan langgam joglo yang masih lestari. Keberadaan Kampung Joglo Pondokrejo ini sangat menarik, karena di tengah zaman yang serba modern seperti saat ini masih ada komunitas dan struktur masyarakat yang masih menjaga desain rumah atau tempat tinggal sesuai dengan warisan leluhur yakni joglo.

Simak video berikut ini, hasil liputan Rembang TV pada tahun 2020:

Video 1 Desa Pondokrejo Lestarikan Rumah Joglo

Video 2 Jalan Desa Pondokrejo Bulu Rembang

Video 3 Jalan Sulang Sumber