September 21, 2021

Rembang TV

TV nya Orang Rembang

Sesepuh Desa Dadapan Sedan Rembang Berbicara Tentang Jaman Penjajahan sampai Urusan Perut

Warjono (95th) saat diwawancarai reporter Rembang TV di Desa Dadapan Rembang

rembangtv.com-Video ini adalah rekaman wawancara tentang peristiwa masa lalu yang terjadi di Desa Dadapan kecamatan Sedan kabupaten Rembang. RembangTV mewawancarai Warjono (95 th). Wawancara dilakukan di rumah informan dengan didampingi keluarga dan Kepala Desa Dadapan, Zubair.

Desa Dadapan Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang memang menyimpan banyak hal terutama tentang sejarah. Desa yang berada di dekat puncak Gunung Argopuro Lasem ini terdapat salah satu penduduk yang usianya sudah cukup tua, ialah Warjono yang berusia 95 tahun. Dari pengalamannya menyaksikan penjajahan Belanda dan masa pendudukan Jepang di Rembang, Warjono banyak menceritakan berbagai hal kepada reporter Rembang TV.

Diantara yang diceritakan Warjono adalah tentang Pilkades pada jaman dahulu, Bupati Rembang pernah mengungsi di Desa Dadapan, Gaji Perangkat Desa, Konsep tentang Anak Isteri pada masa lalu, dan Makanan Warga Desa Dadapan pada Masa Lalu. Berbagai tema yang disampaikan oleh Warjono ini sangat menarik terutama bagaimana manusia dewasa ini bisa memahami berbagai konsep kehidupan dari warga Desa Dadapan dari masa lalu hingga sekarang serta kearifan lokal yang selalu terjaga.

Penulis: Angga Hermansah

Penyelaras : A. Sholeh Syariffudin

Video 1 Pilkades Masa Lalu

Video 2 Bupati Rembang Mengungsi di Desa Dadapan

Video 3 Hanya 1 Rupiah Gaji Perangkat Desa

Video 4 Konsep Masa Lalu tentang Anak dan Isteri

Video 5 Makanan Pokok Pada Jaman Dahulu