September 21, 2021

Rembang TV

TV nya Orang Rembang

Desa Dasun Mulai Sosialisasikan Pemajuan Kebudayaan Desa

Suasana Sosialisasi Pembentukan Daya Warga dalam Program Pemajuan Kebudayaan Desa di Desa Dasun pada 7 Juli 2021

rembangtv.com-Desa Dasun menyelenggarakan Sosialisasi dan Pembentukan Daya Warga dalam Program Pemajuan Kebudayaan Desa pada Rabu (07/07/2021) malam di Balai Desa Dasun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah awal dari ditetapkannya Desa Dasun Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang sebagai salah satu Desa Pemajuan Kebudayaan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek.

Sosialisasi dihadiri oleh Kepala Desa Dasun beserta seluruh Perangkat Desa, serta beberapa dari perwakilan lembaga desa seperti Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LMPD), Karangtaruna, RT/RW serta beberapa tokoh masyarakat Desa Dasun.

Acara dimulai pukul 19.00 WIB dibuka oleh Sekretaris Desa Dasun sebagai MC. Sekdes memberikan pengantar kepada peserta sosialisasi, bahwa Desa Dasun baru saja ditetapkan menjadi Desa Pemajuan Kebudayaan. Sekdes juga menyampaikan bahwa di Rembang hanya ada tiga desa, yakni Desa Dasun; Desa Kajar; dan Desa Karangturi, semuanya di Kecamatan Lasem.

Kemudian Kepala Desa Dasun, Sujarwo menjelaskan bahwa Desa Dasun terpilih menjadi Desa Pemajuan Kebudayaan tidak asal dipilih oleh Kemendikbud Ristek. Desa Dasun telah lama memfokuskan diri menjadi desa yang sangat peduli dengan kebudayaan dan literasi kebudayaan desa yang sudah dipublikasikan di berbagai media, terlebih juga sudah diterbitkannya buku Dasun: Jejak Langkah dan Visi Kemajuannya.

Sujarwo juga menyampaikan kepada peserta, bahwa sangat penting desa melestarikan kebudayaannya agar masyarakat tidak tercerabut dari akarnya. Adanya program ini merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi Desa Dasun, bahkan hasil dari kegiatan Pemajuan Kebudayaan Desa akan disusun sebuah buku bertema mata pencaharian Desa Dasun yang akan ditulis secara langsung oleh Angga Hermansah yang kali ini menjadi Daya Desa atau pendamping.

Angga Hermansah selaku pendamping kegiatan (Daya Desa) Pemajuan Kebudayaan Desa yang ditunjuk langsung oleh Kemendikbud menyampaikan, bahwa nanti puncak acara Pemajuan Kebudayaan Desa Dasun nanti akan dilaksanakan pada bulan November 2021 bernama Festival Bandeng Mrico dengan tagline Bandeng Mrico Corona Lungo .

Daya Desa menerangkan bahwa dalam pemajuan program kebudayaan terdapat tiga tahapan yang harus dilakukan. Pertama temu kenali potensi, kedua pengembangan dan ketiga pemanfaatan. Dalam melakukan tahapan tersebut, desa perlu membentuk Daya Warga, sebagai pelaku utama dalam Program Kemajuan Kebudayaan Desa.

Akhirnya terbentuklah susunan Daya Warga Desa Dasun dengan koordinatornya Achmad Sholeh Syariffudin, diikuti dengan enam anggota Daya Warga yaitu Rahmad Hidayat Saifullah, Muhammad Syahrul Iqbal, Handri Arto, Muhammad Dani Alifatah, Achirudin Bayu C., Novita Cahyani Putri.

Setelah Daya Desa menjelaskan materi tentang Pengembangan Kebudayaan Desa, kegian ditutup dengan do’a bersama tolak balak pagebluk dengan bancaan tiga tumpeng yang dipimpin oleh Modin Desa Dasun, Ahmad Maulana. Kemudian dilanjut makan bersama.

Penulis: Achmad Sholeh Syariffudin
Penyelaras: Exsan Ali Setyonugroho

sumber: dasun.desa.id