October 17, 2021

Rembang TV

TV nya Orang Rembang

Program Dokumentasi Potensi Desa Warugunung

 
www.rembangtv.com – Program Dokumentasi Potensi, Sejak awal  Maret 2021 hingga sekarang, Desa Warugunung terpilih menjadi fokus program dokumentasi potensi RembangTV. Terdapat tiga hal yang difokuskan dalam dokumentasi, yaitu dokumentasi peninggalan sejarah, dokumentasi produk unggulan desa, dan dokumentasi kegiatan sosial budayanya. 

Dokumentasi potensi desa Warugunung ini dilakukan dengan payung penelitian kualitatif dengan pendekatan metode etnografi. 

Tepatnya pada tanggal 07 April 2021, Tim RembangTV mulai melakukan pengumpulan data dengan teknik wawancara. Informan perdana yang diwawancarai adalah Kepala Desa Warugunung, Muchammad Ridwan. Fokus dari wawancara perdana tersebut adalah seputar tentang keadaan masa lalu desa, kepala desa dari masa ke masa, potensi desa, masalah sosial desa, hingga program unggulan desa pada saat ini dan pada masa yang akan datang. Dalam wawancara dengan Muchammad Ridwan didapatkan beberapa informasi penting yaitu tentang nama-nama kepala desa dari masa ke masa, politik serangan fajar pilkades, dan cita-cita kepala desa dalam mengusung program wisata desa dengan nama Gunung Bugel Kencana. 

Gambar. Suasana wawancara dengan Muchamad Ridwan yang dilakukan Tim Pendataan Desa. Wawancara (Warugunung, 06 April 2021)

Wawancara kedua adalah dengan Pranyoto, seorang Carik Desa Warugunung sejak tahun 2003 hingga sekarang. Wawancara dilakukan dikediaman rumahnya pada hari Rabu 07 April 2021 pukul 20.27 sampai larut malam. Fokus wawancara kedua adalah seputar tentang keadaan masa lalu, perangkat desa dari masa ke masa, potensi desa, masalah sosial desa, dan program unggulan desa pada saat ini dan pada masa yang akan datang. Dalam wawancara bersama Pranyoto mendapatkan informasi penting yaitu perihal sejarah bencana kebakaran gunung bugel, sebaran vegetasi dan burung langka di Gunung Bugel, perilaku masyarakat dalam membuang sampah, dan cerita tutur tentang asal-asal usul nama desa Warugunung.  

bersambung …

Penulis Angga Hermansyah, Direktur RembangTV